Cara mengetahui Bad Sector pada Hardisk

Bad sector bukan masalah baru pada hardisk. Kasus bad sector sudah sering muncul dari zaman dahulu. Sebagian besar kasus bad sector yang muncul adalah rusaknya satu atau rentetan blok di hardisk. Rusaknya itu bisa secara logika atau fisik. Kalau bad sector fisik terjadi karena adanya kerusakan fisik pada hardisk. Sedangkan bad sector logika tidak terjadi karena faktor fisik melainkan terganggunya operasi read and write di suatu sector hardisk. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh virus, boot record yang korup, gangguan tegangan listrik dan lain-lain.

Jika ini yang terjadi, maka anda butuh peranti lunak perbaikan hardisk yang biasanya merupakan bawaan system operasi atau hardisk itu sendiri. Utility itu (diharapkan) mampu memperbaiki bad sector yang terbentuk secara logika.


Peranti lunak sebetulnya tidak memperbaiki sektor yang rusak melainkan hanya disembunyikan. Kerusakan tetap ada tetapi system operasi mengabaikannya.


Cara kerjanya kira-kira seperti ini: peranti lunak akan mengembalikan orientasi magnet hardisk untuk membuat setiap byte dapat dibaca dan ditulis sehingga memungkinkan recovery hardisk. Peranti perbaikan biasanya disediakan oleh produsen hardisk yang bersangkutan. Sehingga dapat digunakan dengan mudah serta cukup membantu dalam banyak kasus permasalahan hardisk.


Pada hardisk, bad sector dapat menyebar dan merusak track hardisk karena track tersebut tidak ikut diformat. Masalah ini juga membuat anda tidak bisa menginstal atau menyalin data karena menimbulkan error.
Semoga  artikel ini dapat membantu anda.

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar