Hardisk Portable, Seagate FreeAgent Desk


Seagate FreeAgent Desk 1TB bukan hanya sekadar Hardisk Portable. Kapasitasnya yang besar membuat produk ini layak disebut Data Center di atas meja.

Seagate FreeAgent Desk tersedia dalam berbagai kapasitas mulai dari 500GB (GigaByte) sampai 1.5TB (TeraByte). Kapasitas besar itu terbalut dalam perangkat yang memiliki desain langsing dan stylish.
Sayangnya Hardisk eksternal yang stylish ini hanya menyediakan port USB untuk koneksinya. Padahal, dengan kapasitas raksasa seperti itu, Seagate FreeAgent akan mendapatkan keunggulan kecepatan jika menggunakan port FireWire. Meski bisa dimaklumi bahwa tak semua komputer dilengkapi port FireWire.

Lebih Stylish

Kali ini bank-ariev berkesempatan mencoba sebuah hardisk eksternal Seagate dari seri FreeAgent Desk yang berkapasitas 1TB. Kesan pertama ketika melihat produk ini adalah tampilannya yang ringkas dan bergaya.

Didominasi oleh warna silver dan warna putih di samping bodynya membuat tampang produk ini lebih 'bersih'. Tampilan luar itu membuat produk ini layak diletakkan di atas meja tanpa membuat 'mata sakit'.

Lampu indikator yang berada di depan hardisk kapasitas besar tersebut selain berfungsi sebagai indikasi aktifitas hardisk juga menambah kecantikan produk tersebut. Bagaimana tidak, ketika sedang dalam kondisi bekerja, lampu tersebut akan berkelip secara merata sehingga bagaikan pertunjukan lampu yang semarak di dalam ruangan yang gelap.

Peforma

Untuk menguji keandalan hardisk ini, bank-ariev menggunakan utility bernama HD Tune. Utility kecil ini dapat melakukan tes seberapa hebat sebuah hardisk dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari.

Hasilnya, kemampuan baca hardisk ini tampaknya dibatasi oleh satu-satunya interface yang dimilikinya yakni USB. Hasil mengujian dari HD Tune menunjukkan kemampuan baca hardisk ini berada di rata-rata 27.9MB/sec dengan mininum rate 24,6MB/sec dan Maximum 30,3MB/sec.

Sedangkan untuk access time, hardisk ini membutuhkan waktu sebanyak 13,3ms dan membebankan penggunaan CPU sebesar 32,1%. Melihat dari hasil tersebut tampaknya hardisk ini lebih cocok digunakan untuk sekedar backup file atau untuk menyimpan ratusan ribu koleksi lagu MP3.


Hasil Uji Tranfer Rate:
Minimum 24,6MB/sec
Maximum 30,3MB/sec
Average 27,9MB/sec

Access time : 13,3ms
Burst rate  : 22,7MB/sec
CPU Usage   : 32,1%

Kelebihan:
+ Bobotnya ringan
+ Bentuknya ringkas dan stylish
+ Transfer rate stabil

Kekurangan
- Hanya menyediakan port USB

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar