Menghidupkan dan Mematikan Komputer Otomatis

Setiap pagi sampai dikantor komputer sudah hidup dan begitu harus keluar kantor sebelum jam kerja, tidak perlu lagi harus menelpon atau kembali kekantor untuk mengingatkan dan mematikan komputer. Komputer hidup dan mati secara otomatis berdasarkan waktu yang tekah di tentukan. Menyenangkan? tentu saja menyenangkan, ini saya terapkan untuk server dan beberapa PC, kalau untuk laptop/Notebook hanya support mati otomatis, karena fitur Resume On Time tidak tersedia pada bios notebook/laptop.
Beruntungnya kebanyakan BIOS PC seperti AMI BIOS, AWARDS dan PHOENIX sudah tersedia fitur ini. Tapi ingat tidak semua bios mendukung untuk Resume On Time (Hidup secara otomatis). Untuk mati secara otomatis bisa digunakan software dan ini banyak tersedia softwarenya di internet.

Komputer Hidup Otomatis
Saya akan share disini 3 BIOS diatas yaitu AMI BIOS, AWARDS BIOS dan PHOENIX BIOS. Cara settingnya untuk bisa hidup secara otomatis.
AMI BIOS
  • Hidupkan komputer dan tekan tombol DEL untuk masuk ke BIOS/CMOS.
  • Gunakan tombol panah untuk berpindah diantara sub menu, pilih Power Management Features dan tekan enter.
  • Pilih Set Wake Up Events dan tekan Enter.
  • Pilih lah Resume By Time dan ubah menjadi Enabled, System akan secara otomatis hidup pada waktu yang telah di tentukan, ubah nilai dari tanggal/Alarm Date, Jam/Hour, Menit/Minutes dan Detik/Second.
Alarm Date: 01-31, Every Day
Alarm Hour: 00-23
Alarm Minute: 00-59
Alarm Second: 00-59
Catatan:
Setelah mengaktifkan fungsi ini, komputer harus di restart, selanjutnya matikan komputer. Untuk beirkutnya komputer akan hidup secara otomatis berdasarkan waktu yang telah di isikan.
AWARD CMOS Setup
  • Hidupkan komputer dan tekan tombol DEL untuk masuk ke BIOS
  • Gunakan tombol panah untuk berpindah antar submenu, selanjutnya pilih Power Management Setup dan tekan ENTER
  • Pilih PM Wake Up Events dan tekan ENTER
  • Pilih Resume By Alarm dan ubah nilainya menjadi Enabled, selanjutnya rubah waktunya sesuai dengan yang di inginkan
Phoenix CMOS Setup
  • Hidupkan komputer, tekan F2 untuk masuk ke BIOS
  • Pilih menu POWER dan tekan ENTER
  • Pilih Resume On Time dan ubah menjadi Enabled, Tentukan waktunya dengan mengisi jam, menit dan detik sesuai dengan yang diinginkan restart dan matikan komputer.
Komputer Mati Otomatis
Saya agak bingung software mana yang harus saya gunakan untuk mematikan komputer secara otomatis, pilihan pertama tentu freeware. Untuk ini silahkan cari di Google.com dengan kata kunci "freeware auto shutdown". Silahkan pilih yang menurut anda paling cocok.

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar